Selamat Datang

Rabu, 09 Desember 2009

Majalah Ananda Edisi Perdana

Majalah ananda, majalah yang satu ini pernah hadir dan terbit di Indonesia. Majalah ananda ini merupakan majalah anak-anak yang diterbitkan dalam kurun waktu dari tahun 1978-1996. Majalah anak-anak ini hanya bertahan selama 18 tahun saja.
Pangsa pasar menargetkan pemasaran pada kalangan anak-anak sekolah dasar berusia sekitar 6-12 tahun. Terkadang ada pula pembaca majalah ini yang sudah duduk di bangku SMP.

Majalah ini sekarang hanya tinggal kenangan. Saat ini mungkin pembaca majalah ini yang pernah membacanya dulu telah berusia sekitar 35-40 tahun. Dari sekian banyak pembacanya, tidak banyak yang masih menyimpan majalah ananda ini. Majalah yang berada di bawah group majalah Kartini ini bersaing dengan penerbitan majalah Bobo. Majalah bobo hingga penulisan ini (Desember 2009) masih terbit.

Seperti nasib majalah-majalah tua hanya menjadi hiasan gudang atau raib sama sekali. Di-loak-kan barangkali. Tak disangka. Ternyata ada kolektor majalah yang masih menyimpan beberapa edisi majalah ini. Bahkan edisi perdana pula. Gambar ini hasil pencarian / searching yang didapatkan. Saya sendiri tidak memilikinya.




Edisi perdana majalah ananda ini diterbitkan pada tanggal 10 April 1978. Majalah anak-anak tersebut diterbitkan mingguan dan terbit setiap hari jum'at.
Majalah ananda edisi perdana ini cover (sampul depan) menampilkan foto Dina Mariana dan Djalal. Edisi perdana majalah ananda No.1 beredar dari tanggal 10 April 1978 s/d 23 April 1978. Majalah ini mempunyai slogan kasih sayang orang tua dan guru.

Sangat langka orang yang masih mempunyai koleksi perdana ini. Scan sampul depan majalah ananda ini diambil dari http://KoleksiKemalaAtmojo.blogspot.com/2009/09/majalah-lama-ananda-edisi-perdana.html
Barang langka dan sangat berharga. Kita hanya berkesempatan melihat bagian sampul depan saja sebagai sebuah kenangan bahwa majalah ini pernah hadir di tengah kita.

Salam,


Majalah ananda

Note:
Apa ada, ya. Kolektor yang menyimpan ananda edisi terakhir.

created: Rabu, 09-12-2009
revisi: Rabu, 09-12-2009
posting: kamis, 10-12-2009
last edit: sabtu, 12-12-2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar